Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat

Lukas 23:34a
"Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat."
Renungan:
  Apa yang pertama kali akan kita katakan apabila ada seseorang yang menyakiti hati kita, walau sebenarnya itu bukan kesalahan kita? Biasanya orang akan membela dirinya karena memang merasa tidak bersalah. Ada juga yang membalas dengan perkataan yang tidak enak didengar. Bahkan ada juga yang membalas dengan tindakan.
Pada dasarnya manusia akan cenderung membela diri dan membalas apabila dia memang tidak bersalah.   Bagaimana dengan Yesus? Perkataan pertama yang Yesus ucapkan pada saat disalib adalah, "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." Yesus mengucapkan hal tersebut setelah Dia dituduh menyesatkan orang banyak, disiksa, diolok-olok, dipukul, dicambuk dan disalib. Apabila kita memosisikan diri kita seperti Yesus, apakah kita sanggup mengampuni setelah apa yang diperbuat oleh orang-orang tersebut?  Setiap orang pasti pernah berbuat kesalahan, bahkan secara sadar atau tidak, kitapun pernah bersalah, bahkan hingga menyakiti hati orang lain. Mari kita introspeksi dengan merenungkan sikap Yesus yang mau mengampuni orang-orang yang bersalah kepadaNya. Orang yang mau mengampuni sesamanya, dia juga akan diampuni oleh Bapa di surga. Tuhan memberkati.
Doa:
Yesus, taruhlah roh pengampunanMu di dalam hatiku, agar akupun mampu mengampuni setiap orang yang berbuat salah kepadaku. Amin.
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
ampunilah mereka,sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat,Ya Bapa