Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera

Efesus 4:3 
"Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera."
Renungan:
  Pada bulan November 2013 terjadi sebuah kerusuhan politik di negara Ukrania. Sebanyak ratusan ribu demonstran turun ke jalanan memadati ibu kota Ukrania, Kiev. Akibat kericuhan itu, terjadilah bentrokan antara aparat kepolisian dengan para demonstran. Di tengah-tengah kekacauan tersebut,  seorang pianis Ukrania bernama Markiyan Matsekh memutuskan untuk berkomunikasi secara damai dengan cara memainkan alat musik piano.
Piano itu ditempatkan di depan garis polisi, dicat dengan warna kuning dan biru sesuai warna bendera Ukrania. Markiyan mulia memainkan musik-musik klasik karya Frederic Chopin dan lagu-lagu rakyat tradisional. Ia menamakan aksi protes ini dengan nama "protes damai". Markiyan berharap agar para demonstran serta aparat kepolisian merasa terhibur, setidaknya suasana yang tadinya kacau bisa menjadi tenang sejenak.
  Hari-hari ini kita hidup di tengah dunia yang semakin hari bukanlah semakin baik. Kita dengan mudah dapat menemukan kekacauan terjadi di mana-mana termasuk di negara kita. Sebagai anak Tuhan, sudah seharusnya kita membawa damai bagi orang-orang di sekeliling kita. Kita bisa memulainya dari hal-hal kecil, seperti melerai teman atau orang tua yang sedang bertengkar, menghibur teman yang tertimpa masalah, ataupun mencairkan suasana tegang karena terjadi keributan dan  berdoa agar terjadi perdamaian.
  Marilah kita menjadi seorang pembawa damai yang penuh kasih, seperti syair sebuah lagu "Tuhan jadikanlah daku pembawa damaiMu. Di mana ada kebencian kubawa cinta Tuhan", dengan demikian kehadiran kita akan menjadi berkat bagi banyak orang. Tuhan memberkati.
Doa:
Yesus, hembuskanlah cintaMu di hati seluruh bangsa kami, sehingga kebencian yang saat ini mengikat pada kelompok-kelompok tertentu kau ganti dengan kasih dan pengampunan. Amin.
Selamat Hari Minggu Selamat beribadah
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Belum Ada Komentar :
Tambahkan Komentar
Comment url
Post Terkait :
Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera